BERAPA BIAYA HIDUP DI JAKARTA?

BERAPA BIAYA HIDUP DI JAKARTA?

Biaya hidup adalah salah satu dari sekian banyak pertanyaan yang harus dijawab oleh ekspatriat yang ingin tinggal di Jakarta. Sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia, biaya hidup di Jakarta mungkin lebih tinggi dibandingkan kota lainnya. Ini adalah hal yang penting untuk dipertimbangkan oleh ekspatriat yang baru saja membangun perusahaan di Indonesia. Jadi, berapa biaya hidup ekspatriat di Jakarta? Apakah benar-benar mahal? Yuk, cari tahu jawabannya dan informasi lengkapnya di bawah ini!

Rent

Karena ada berbagai macam sewa rumah yang tersedia di Jakarta, maka biayanya juga berkisar dari harga yang terjangkau hingga yang mahal. Semuanya tergantung pada area di mana bangunan tersebut berada. Sebagai contoh, rata-rata biaya sewa kamar (seperti homestay atau asrama) adalah sekitar Rp 3,5 juta per bulan jika terletak di pusat kota. Biaya sewa bisa lebih murah jika terletak di daerah pinggiran kota.

Namun, dibandingkan dengan apartemen, biaya sewa kamar kos relatif lebih murah. Untuk 1 kamar tidur di pusat kota, Anda harus mengeluarkan setidaknya Rp7,5 juta untuk biaya sewa. Biaya ini bisa berlipat ganda hingga tiga kali lipat jika Anda memilih untuk menyewa apartemen dengan 3 kamar tidur, dengan biaya sewa sekitar Rp24,5 juta per bulan.

Food

Anda bisa menghemat banyak biaya hidup di Indonesia jika Anda memasak makanan sendiri di rumah. Meskipun ada cukup banyak restoran murah di Jakarta, Anda masih harus mengeluarkan setidaknya Rp35.000 untuk sekali makan. Dengan asumsi Anda makan tiga kali sehari, Anda harus mengeluarkan sekitar Rp 105.000 untuk makan saja dalam sehari.

Dengan jumlah uang yang sama, Anda bisa membeli banyak bahan makanan rumahan seperti telur (sekitar Rp24.000 per lusin), 1 liter susu sekitar Rp20.000, dada ayam 1 kg sekitar Rp47.000, dan berbagai macam buah-buahan. Bagian terbaiknya adalah Anda dapat menyimpannya untuk beberapa hari.

Transportation

Anda tidak perlu khawatir dengan transportasi di Jakarta karena kota ini menawarkan berbagai jenis transportasi. Salah satu pilihan yang paling disukai adalah transportasi berbasis online. Anda hanya perlu mengunduh aplikasinya dan menggunakannya untuk memesan kendaraan. Tarifnya berkisar antara Rp2.200 hingga Rp3.300 per kilometer.

Sebagai alternatif, Anda juga bisa menggunakan transportasi umum seperti TransJakarta, yang tarifnya hanya Rp 3.500 sekali jalan. Sejak April 2019, Jakarta juga akhirnya memiliki MRT sendiri dengan biaya sekitar Rp3.000 hingga Rp14.000 – tergantung tujuan Anda. Namun jika Anda lebih suka berkendara sendiri, harga bensin (yang berkualitas tinggi) sekitar Rp9.000 per 1 liter.

Leisure and Clothes

Biaya hidup di Jakarta sangat bergantung pada jenis gaya hidup yang Anda jalani. Jakarta memiliki berbagai pilihan hiburan. Ada banyak sekali mall yang bisa Anda jelajahi setiap akhir pekan. Di kota ini, Anda bisa melakukan banyak kegiatan rekreasi seperti menonton film (Rp 100.000 untuk dua orang), menikmati secangkir cappuccino (Rp 50.000 di area ekspatriat di kota ini), atau makan malam di pub yang bagus (Rp 250.000 untuk dua orang).

Sementara itu, dalam hal berbelanja pakaian, 1 pasang Jeans Levis biasanya berharga sekitar Rp 600.000, yang juga bisa Anda temukan di mal-mal. Bagi Anda yang mencari baju musim panas yang bagus, toko-toko seperti Zara dan H&M biasanya menjualnya dengan harga sekitar Rp400.000. Ingin membeli sepatu lari? Sepasang sepatu lari Nike tersedia dengan harga Rp1,1 juta.

Utilities

Biaya utilitas dasar untuk rumah tangga rata-rata per bulan, termasuk listrik, air, dan gas sekitar Rp 900.000 hingga Rp 1,5 juta. Di era digital seperti saat ini, Anda juga membutuhkan paket internet, yang bisa Anda pasang dengan biaya Rp400.000 hingga Rp600.000. Sementara itu, tarif telepon prabayar lokal 1 menit adalah sekitar Rp2.000. Selain itu, Anda juga membutuhkan biaya untuk laundry. Biaya bulanannya biasanya sekitar Rp400.000.

Itulah beberapa informasi mengenai biaya hidup untuk ekspatriat di Jakarta. Biaya hidup di Jakarta bisa saja meningkat karena situasi ekonomi di Indonesia. Namun, untuk mengukur biaya hidup bulanan Anda sesuai dengan informasi di atas sangat mungkin berlaku. Biaya hidup Anda bisa lebih tinggi atau lebih rendah, tergantung gaya hidup Anda sendiri, namun secara rata-rata, biaya hidup di Jakarta untuk ekspatriat tidak terlalu tinggi dibandingkan negara lain.

Sedang mencari hunian di Jakarta? Apartemen Kemang by Pudjiadi Prestige, dengan lokasinya yang strategis, adalah pilihan yang tepat. Dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap dan sistem keamanan yang tinggi, Anda akan menemukan kenyamanan yang luar biasa selama tinggal di Jakarta.

CARA CERDAS MEMILIH UNIT APARTEMEN

CARA CERDAS MEMILIH UNIT APARTEMEN Ada delapan arah mata yang dapat Anda lihat pada kompas, tetapi hanya empat arah mata angin yaitu timur, barat, utara dan selatan, yang seringkali dijadikan patokan arah hadap rumah. Setiap arah hadap memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing, yang sebaiknya disesuaikan dengan selera masing-masing orang. Pertimbangan tentang arah hadap ini banyak [...]

BEGINILAH CARA ORANG ASING MENDAPATKAN NOMOR TELEPON

BEGINILAH CARA ORANG ASING MENDAPATKAN NOMOR TELEPON Dapat dikatakan bahwa semua orang setuju dengan apa yang dikatakan oleh Paul Watzlawick, seorang ahli teori komunikasi, di atas. Sebagai makhluk sosial, kita tidak bisa hidup tanpa berinteraksi dengan manusia lain. Kabar baiknya, kita tidak perlu khawatir tentang bagaimana cara berkomunikasi lagi, karena ada banyak inovasi teknologi yang [...]

CARA CERDAS MEMILIH UNIT APARTEMEN

CARA CERDAS MEMILIH UNIT APARTEMEN Ada delapan arah mata angin yang dapat Anda lihat pada kompas, tetapi hanya empat arah mata angin yaitu timur, barat, utara, dan selatan yang sering digunakan sebagai patokan arah hadap rumah. Setiap arah hadap memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, yang harus disesuaikan dengan selera masing-masing orang. Banyak orang yang mempertimbangkan [...]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *